Iklan

terkini

LIN Gagal Harus ada Alternatif Membangun Maluku Dari Laut

Admin RP
, Maret 07, 2023 WIB Last Updated 2023-03-07T08:15:56Z

Foto: Mustakim Rumasukun S. Si


AMBON - MALUKU adalah provinsi yang berkarakteristik kepulauan. Dimana terdapat 1.340 jumlah pulau dengan persentase Lautan mencapai 92,4 % dan Daratan 7,6 %. Potensi Sumberdaya Ikan di Maluku mencapai 3 juta ton lebih per tahun yang berada pada 3 Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP) yakni Laut Banda, Laut Seram dan Laut Arafura.


Laut yang kaya membuat Pemerintah Indonesia pada 2010 menggagas Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN). Pertimbangannya kekayaan sumber daya laut dan lokasi geografi sangat strategis di antara Samudera Hindia dan Pasifik.


Sejak itu, berbagai pertemuan, pembahasan, serta koordinasi dilakukan secara intens oleh Pemerintah Provinsi Maluku dengan Pemerintah Pusat agar Lumbung Ikan Nasional (LIN) dapat segera diwujudkan, bukan hanya wacana untuk menyenangkan hati masyarakat Maluku tetapi hanya berkunjung pada kata-kata bukan karya. 


Padahal Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi LIN tertuang dalam rancangan Perpres tentang Maluku LIN, di antaranya minimal memiliki dua Wilayah Pengelolaan Perikanan (WPP). Maluku memiliki tiga WPP yakni WPP 714 (Laut Banda dan sekitarnya), WPP 715 (laut Seram dan sekitarnya), dan WPP 718 (Laut Arafura dan sekitarnya). 


Sebab Lin adalah 1 Point dari 16 Program Visi Misi Gubernur Maluku Yang sering di Kampayenkan sampai saat ini Nihil . Pemerintah Pusat ini hanya memainkan dinamikan politik untuk mencari dukungan Politik. Padahal jika LIN itu jadi maka semua anak Maluku tidak lagi cari kerja ke Maluku Utara . LIN Gagal dengan alasan adanya potensi BOM aktif sisa perang dunia kedua hal ini karena kurangnya kesiapan yang baik dan sikap tegas dari pemerintah provinsi Maluku. 


Sebagai Seorang Gubernur Maluku Pasti berjuang keras terhadap kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakatnya , tetapi apa daya hanya sebatas Kemampuan sebagai Manusia Sehingga dalam hal ini saya harapkan gubernur Maluku agar membuka diri lebih dekat dengan teman-teman OKP Cipayung + dan Segenap elemen lainnya agar ruang ruang diskursus ini menghasilkan ide dan kita tuangkan dalam bentuk rekomendasi kepada pemerintah pusat sebab kritik itu adalah bentuk kecintaan kita 


Maluku ini Daerah yg kaya akang SDA bila program LIN gagal, maka selama ini hanya diberikan harapan palsu, sehingga diharapkan pemda bisa lebih optimal dalam memperjuangkan berbagai program yang mendongkrak PAD dengan melakukan berbagai persiapan secara matang dari awal.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • LIN Gagal Harus ada Alternatif Membangun Maluku Dari Laut

Terkini

Iklan