Iklan

terkini

1.600 Pohon sukun, Disediakan Pemerintah SBT Untuk Atasi Krisis Pangan

Admin RP
, Februari 14, 2023 WIB Last Updated 2023-02-14T13:06:14Z



REAKSIPUBLIK.COM, Bula - Gubenur Maluku Irjen Pol (Purn) Drs. Murad Ismail canangkan penanaman pohon sukun di 11 Kabupaten/Kota di Maluku dalam rangka Untuk meningkatkan ekonomi lokal. 


serempak, Penanaman pohon sukun Ini melibatkan seluruh Dinas Pertanian Kabupaten/Kota, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), unsur Forkopimda, Penyuluh Pertanian dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dikemas dalam bentuk temu sapa lewat virtual.


Gubernur Maluku beserta Jajaran Pimpinan Provinsi Maluku yang didampingi Pj. Bupati Maluku Tengah (Malteng) Dr. Muhamat Marasabessy, SP, ST, M.Tech, melakukan penanaman di Desa Tengah-tengah Kabupaten Malteng. sementara untuk lokasi penanaman di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) berlangsung di Embung Desa Kampung Wailola Kecamatan Bula, Selasa (14/02/2023).



Dalam temu sapa melalui virtual zoom meating, Gubernur Maluku Murad Ismail, minta setiap kabupaten/Kota dapat melaporkan jumlah pohon sukun dan lokasi penanaman.


Mewakili Bupati, Drs. Djafar Kwairumaratu selaku Sekertaris Daerah melaporkan lokasi dan jumlah pohon sukun yang disediakan dari dinas pertanian dan TP. PKK SBT.


" Pohon sukun yang kami siap tanam sebanyak 40 pohon terdiri dari dua jenis yaitu sukun kapas lokal daerah SBT dan satu variasi dari maluku tengah Desa Tenga-tenga, selanjutnya estimasi pohon sukun yang nanti kami tanam di SBT dari 15 kecamatan yang terdiri dari 189 desa ini kami siapkan 17 hektar lokasi dan kami sediakan 1.600 pohon sukun yang akan di tanam pada daerah kami. Nah untuk hari ini secara simbolis dalam kegiatan pencangan gerakan tanam sukun kami memilih lokasi di Desa Wailola" Jelas Kwairumaratu.


Gubernur Maluku berharap dalam sambutannya melalui Zoom virtual pemerintah daerah dan Tim Penggerak PKK setiap kota dan kabupaten di provinsi maluku dapat memperhatikan program tesebut.


" Pertama kami atas nama pemerintah daerah prov Maluku memberikan apresiasi atas dikeluarkan keputus menteri pertanian tentang tanda daftar pemberian tanaman sukun, prodak lokal ini guna untuk menambah ekonomi keluaraga maka kami selaku pemerintah daerah provinsi selalu mendorong dan menyiapkan kemasan dan kebutuhan lainnya."Ungkap Murad.


Program pencanangan Tanam sukun ini guna untuk meningkatkan kemandirian pangan daerah melalui pangan lokal dalam mengantisipasi pangan global serta membatu ekonomi keluarga. Untuk itu Gubernur berharap Walikota dan Bupati seluruh pemerintah daerah serta TP-PKK di Provinsi Maluku dapat memperhatikan program tersebut. (**).

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 1.600 Pohon sukun, Disediakan Pemerintah SBT Untuk Atasi Krisis Pangan

Terkini

Iklan