Iklan

terkini

Gelar Raker Daerah III LPTQ SBT, Berikut Ini Pesan Penting Wakil Bupati Kepada LPTQ SBT

Admin RP
, Januari 11, 2023 WIB Last Updated 2023-02-03T16:31:15Z

Foto: Wakil Bupati Idris Rumalutur Resmi Membuka Rapat Kerja Daerah III Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) pada Rabu 11/1/2023


REASKIPUBLIK.COM, BULA - Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ)Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) gelar Rapat Kerja Daerah III Tahun 2023 secara resmi dibuka oleh wakil bupati SBT, Idris Rumalutur, SE.


Kegiatan Rapat Kerja Daerah III Tahun 2023 ini yang bertemakan 'Peningkatan Pembinaan Seni Baca Al-Qur'an Menuju Seram Bagian Timur yang Berprestasi' itu diselenggarakan di Aula Kementerian Agama SBT, Bula (11/1/2023).


Mewakili Bupati SBT, Wakil Bupati Idris Rumalutur dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses atas pelaksanaan Raker ke-III LPTQ kabupaten SBT.


Dalam kesempatan tersebut Rumalutur menerangkan agar pelaksanaan Raker LPTQ dapat menjadi forum evaluasi atas pelaksanaan program kerja LPTQ Tahun sebelumnya, dan membahas serta menetapkan program kerja LPTQ tahun 2023.


"ini juga nantinya perlu untuk merumuskan pokok-pokok pikiran untuk peningkatan semua cabang guna menghadapi momen MTQ yang akan di gelar di Maluku Tengah diakhir tahun 2023 mendatang". Kata Rumalutur.


Disamping itu Rumalutur menjelaskan LPTQ merupakan lembaga yang bertujuan mewujudkan penghayatan dan pengamalan Al-Qur'an, dalam masyarakat Indonesia yang berpancasila. Dan merupakan lembaga strategis didalam membangun tatanan sosial kemasyarakatan menuju masyarakat madani nan Islami.


Pemerintah berkomitmen untuk memberikan perhatian yang cukup bagi aktifitas dan gerak langkah semua lembaga yang menjadi mitra dalam membangun dan mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas beriman dan berakhlak mulia, terutama dengan lembaga pengembangan tilawatil Qur'an seram bagian timur dalam menanamkan kecintaan Al-Qur'an kepada masyarakat.


Sehingga itu rumalutur berharap, kita harus mampu melakukan evaluasi dan melakukan introspeksi dalam organisasi sehingga dapat dilakukan perbaikan-perbaikan dalam mengelola lembaga LPTQ ini.


"Perlu ada evaluasi dan introspeksi organisasi" Sebutnya.


Dirinya berharap dapat dilakukan optimalisasi peran dan fungsi LPTQ dalam menggali dan mencari bibit-bibit baru para Qari dan Qari'ah, untuk melanjutkan potensi para peserta MTQ dimasa yang akan datang.


Sehingga kehidupan masyarakat Qurani dapat menjadi branding kabupaten Seram Bagian Timur sebagai kabupaten berpenduduk mayoritas muslim, dengan toleransi antar umat beragama tetap terjaga dan terpelihara dengan baik.


Dalam kesempatan yang sama ketua LPTQ SBT Muran Sukunwatan mangatakan, tujuan penyelenggaraan rapat kerja ini adalah untuk merumuskan program kerja dan rancangan strategis LPTQ tahun 2023, mempersiapkan dan menetapkan tuan rumah penyelenggaraan musabaqoh Tilawatil Qur'an ke Xl tingkat kabupaten SBT di tahun 2023.


Mempersiapkan kafilah MTQ tingkat kabupaten SBT, untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi Maluku yang akan berlangsung pada bulan November tahun 2023 di kabupaten Maluku tengah provinsi Maluku.


"Raker ini bertujuan untuk merumuskan program dan rancangan strategis, selain itu kita persiapkan diri untuk MTQ tingkat Provinsi yang akan berlangsung di Maluku Tengah.


Sehingga itu Sukunwatan menegaskan, Raker akan merumuskan strategi pembinaan dan pengembangan kualitas penyelenggaraan MTQ sehingga perlu dilakukan tindak lanjut berupa pelatihan peserta khususnya pada cabang lomba Tilawail Qur'an dengan mengirim peserta untuk mengikuti pelatihan di Jakarta.


"Untuk Lomba Tilawatil Qur'an, Peserta akan dikirim ke Jakarta untuk berlatih". 


Saat ini LPTQ SBT tengah mempersiapkan diri untuk Lomba MTQ Tingkat Provinsi, sehingga banyak persiapan Kata Muran sebelum pelaksanaan tersebut.


"Menghadapi persiapkan MTQ Tingkat Provinsi maka penyelenggaraan MTQ Tingkat Kabupaten SBT InsyaAllah akan dipercepat pelaksanaanya pada pertengahan tahun 2023"


Untuk itu sukunwatan berharap kepada semua pimpinan wilayah kecamatan, ketua-ketua LPTQ kecamatan untuk bisa menyiapkan peserta dari awal.


"saya harap Pimpinan Wilayah disemua kecamatan dapat menyiapkan pesertanya dari awal" Tutup Sukunwatan.


Turut hadir, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten SBT, Pimpinan dan Segenap Anggota DPRD SBT, Kepala Kantor kementerian agama SBT, para Asisten, Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten SBT, Para Camat dan Kepala KUA se-SBT.

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gelar Raker Daerah III LPTQ SBT, Berikut Ini Pesan Penting Wakil Bupati Kepada LPTQ SBT

Terkini

Iklan